MINUT KOMENTAR-Wakil Bupati Minahasa Utara, Kevin W. Lotulung, SH, MH, atas nama Bupati Joune Ganda, SE, MAP, MM, M.Si, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) kepada sejumlah pejabat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (30/04/2025).
Pengangkatan Plt. kepada pejabat yang baru, dilakukan untuk memastikan kelancaran tugas-tugas pemerintahan serta mendukung pelaksanaan program prioritas daerah.
Proses penyerahan SK berlangsung di ruang kerja Wakil Bupati lantai 3 kantor Bupati Minahasa Utara. SK tersebut mencakup pengangkatan Indria Trigno, SE sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,
Gerald Dotulong Plt Sekretaris BPBD, Agustine Kandou Plt Sekretaris Dinas Pertanian serta Fonny Kapoh sebagai Plt Kabid Hortikultura pada Dinas Pertanian.
SK untuk 3 pejabat Eselon II dan 1 pejabat Eselon III tersebut telah ditandatangani oleh Bupati Joune Ganda melalui Surat Keputusan Nomor 657/BMU/IV/2025, sebagai langkah strategis untuk menjaga keberlangsungan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik.
Penyerahan SK disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Novly Wowiling didampingi oleh Asisten I Umbase Mayuntu, Asisten III Rivino Dondokambey dan Kepala BKPSDM Johanes Katuuk.
Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap penunjukan pejabat baru untuk mengisi posisi strategis di lingkungan Pemkab Minut.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kevin Lotulung atas nama Bupati Joune Ganda, menyampaikan harapan besar kepada para pejabat yang baru dilantik. Ia mengimbau mereka untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, komitmen, dan integritas, sesuai dengan visi besar pemerintah daerah.
“Saya percaya semua pejabat yang baru dilantik, akan memberikan kontribusi maksimal dalam mendukung program-program pemerintah, termasuk di antaranya program prioritas Asta Cita. Selamat bekerja,” ujar Kevin.
Kepala BKPSDM, Johanes Katuuk, turut menyampaikan pandangan terkait penyerahan SK Plt ini. Ia menegaskan bahwa penunjukan pejabat baru oleh Bupati Joune Ganda, adalah bagian dari langkah strategis pemerintah daerah dalam menciptakan sistem birokrasi yang responsif dan profesional.
“Pejabat yang dilantik harus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Atas arahan dan petunjuk Pak Bupati dan Wakil Bupati, kami terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM agar dapat memenuhi tuntutan pelayanan yang semakin kompleks,”ungkap Katuuk.
Penyerahan SK Plt ini kata Katuuk, tidak hanya menegaskan komitmen Pemkab Minut untuk menjaga efektivitas kerja di berbagai sektor, tetapi juga menjadi langkah konkret dalam memastikan bahwa pemerintah daerah terus beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat.
Proses ini menjadi simbol penting dalam sinergi antara eksekutif dan jajaran birokrasi, untuk mewujudkan pelayanan publik yang inovatif, responsif, dan berdampak nyata bagi warga Minahasa Utara.
JOppySEnduk