Notification

×

Iklan

Iklan

Baca Bae-Bae, Ini Penghargaan JG-KWL, Selama Tiga Tahun Pimpin Minut

Sabtu, 05 Oktober 2024 | 22:34 WIB Last Updated 2024-10-05T14:34:50Z


MINUT KOMEMTAR-Kurun waktu tiga tahun tujuh bulan, kepemimpinan Joune Ganda S.E, M.M, M.A.P, M.Si dan Kevin Wiliam Lotulung SH MH (JG-KWL) berhasil membawa Minut meraih sejumlah prestasi membanggakan, baik itu prestasi  individu, kelompok dan institusi.


Diawal pemerintahannya di tahun 2021, Minut langsung meraih penghargaan, Trisakti Tourism Award yang diberikan oleh Yayasan Trisakti.

Trisakti Award ini merupakan ajang bergengsi  perlombaan pariwisata yang digelar oleh DPP PDIP dan diikuti sebanyak 242 daerah di Indonesia.

Penghargaan diberikan sebagai pengamalan Trisakti Tourism dalam penerapan kepariwisataan di Indonesia berdasarkan pilar Politik, Ekonomi, dan Budaya.

Sesuai data yang ada, tiga desa di Minut yang meraih penghargaan tersebut adalah, Desa Pulisan dan Desa Sawangan, yang menyabet peringkat kedua dan ketiga kategori Desa Wisata Favorit, serta Desa Maumbi yang berhasil berada di peringkat ketiga kategori Desa Wisata Kuliner.


Bupati Minut, Joune Ganda, yang menerima penghargaan tersebut, merasa bangga, mengingat Kabupaten Minut juga berhasil mencatatkan prestasi sebagai satu-satunya Kabupaten yang mampu meraih hingga tiga award di ajang Trisakti Tourism Award Desa Wisata tahun 2021 tersebut. 


Tren prestasi di sektor pariwisata ini disusul kemudian dengan sejumlah prestasi selama kurun waktu tiga tahun. Tercatat sejumlah prestasi yang disusul dengan penghargaan tersebut adalah :


- 500 besar ADWI(Anugerah Desa Wisata Indonesia) Desa Palaes, Desa Sawangan, Desa Gangga I dan Desa Budo. Diberikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022.


- 300 besar ADWI, Desa Tumaluntung, Desa Gangga I, Desa Budo. Diberikan oleh Kementrian Parekraf tahun 2022.

- 50 besar ADWI(Desa Budo) diberikan oleh Kemenparekraf tauun 2022

- Juara I kategori Digital dan Kreatif Desa Wisata Budo oleh Kemenparakraf tahun 2022

- 300 besar ADWI Desa Sawangan, Desa Gangga I dinerikan oleh Kemenparekraf tahun 2023

- Juara I Putri Otonomi Indonesia atas nama Eliza Gabriel Lumintang diberikan oleh Apkasi tahun 2023

- 500 besar ADWI Desa Tinongko, Desa Darunu, Desa Maliambao, Desa Tambun, Desa Lihunu, Desa Sawangan, Desa Gangga I, Desa Sarawet, Desa Kauditan I diberikan oleh Kemenparekraf tahun 2024.

- 300 besar ADWI Desa Sawangan, Desa Gangga I, diberikan oleh Kemenpatekfar tahun 2024

- 100 besar ADWI Desa Sawangan diberikan oleh Kemenparekraf tahun 2024.

- Runner up I Putri Otonomi Daerah Indonesia atas nama Rosanna Mohammad James. Diberikan oleh Apkasi tahun 2024.


Meski telah meraih sejumlah prestasi dibidang pariwisata ini, Joune Ganda dan Kevin Wiliam Lotulung tetap konsisten mengangkat dan memajukan patiwisata Minut dengan tagline, 'Prestasi Jangan Berhenti'. 

Hal yang spektakuler, dilakukan Joune Ganda dimana dirinya berhasil menggelar kegiatan berlevel Internasional, yakni Executive Berau Meting-United Cities Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC) 2024 yang menghadirkan sejumlah kepala daerah se-Asia Pasific bersama delegasi. Kegiatan ini dipercaya bisa mendongkrak industri pariwisata yang tengah dipersiapkan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas(DPSP) bersama dimana KEK Pariwisata Likupang bersama emoat daerah lainnya di Indinesia, yakni, Borobudur, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo ditetapkan sebagai DPSP lewat Keputusan Presiden.


 (***)


×
Berita Terbaru Update