Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk Membuka Pertemuan Koordinasi Mitra Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Germas

Kamis, 12 September 2024 | 17:37 WIB Last Updated 2024-09-12T09:44:13Z


TOMOHON KOMENTAR - Wali Kota Tomohon, Caroll J A Senduk SH, menghadiri dan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Pertemuan Koordinasi Mitra dalam rangka mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Acara tersebut diselenggarakan di Grand Master Villa Tomohon dengan dihadiri 44 peserta yang terdiri dari Ketua TP-PKK Kelurahan se-Kota Tomohon. Kamis (12/09)


Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon menegaskan pentingnya pembangunan kesehatan sebagai upaya bersama seluruh komponen bangsa untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat. “Pembangunan kesehatan bertujuan agar masyarakat memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Saat ini, Indonesia menghadapi perubahan pola penyakit atau transisi epidemiologi, di mana penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, dan diabetes kini menjadi penyebab utama kesakitan dan kematian, menggantikan penyakit menular yang sebelumnya dominan,” ujar Wali Kota.


Beliau juga menyoroti perubahan perilaku masyarakat yang menjadi penyebab utama peningkatan kasus penyakit tidak menular (PTM) dalam 30 tahun terakhir. "Pada era 1990-an, penyakit menular seperti ISPA, TB, dan diare menjadi penyebab terbesar kematian. Namun sejak 2010, PTM seperti stroke dan diabetes semakin mendominasi, bahkan menyerang usia muda dari berbagai kalangan," jelas Caroll J A Senduk.


Lebih lanjut, Wali Kota menjelaskan pentingnya pelaksanaan Germas, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti: melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan, serta memeriksa kesehatan secara rutin. "Pemeriksaan kesehatan secara dini sangat penting untuk mencegah penyakit kronis yang bisa mengganggu produktivitas," tambahnya.


Wali Kota juga menghimbau seluruh peserta agar aktif menyosialisasikan Germas di lingkungan masing-masing. "Saya berharap kita semua dapat membantu pemerintah dalam menyebarluaskan dan menerapkan Germas dalam kehidupan sehari-hari," katanya.


Acara ini turut dihadiri oleh Narasumber Staf Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Asmita Baganu SST, Perwakilan PKK Kota Tomohon, dr. Amelia Posumah, serta Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon, dr. John Lumopa M.Kes.


Pertemuan ini diharapkan menjadi momentum penting dalam meningkatkan sinergi semua pihak untuk mendukung pelaksanaan Germas di Kota Tomohon.


×
Berita Terbaru Update