Notification

×

Iklan

Iklan

Tomohon Siap Menjadi Destinasi Wisata Dunia: FGD Rencana Induk Wisata Air Terjun Tekaan Telu Dibuka

Kamis, 12 September 2024 | 17:43 WIB Last Updated 2024-09-12T09:43:57Z


TOMOHON KOMENTAR - Wali Kota Tomohon Caroll J. A. Senduk, SH yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. Lily Solang, MM menghadiri dan membuka Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pembahasan laporan akhir rencana induk daya tarik wisata Air Terjun Tekaan Telu. Acara ini berlangsung di Hotel Villa Emitta Tomohon dengan dihadiri sejumlah pejabat dari pemerintah pusat dan daerah, serta para ahli. Kamis (12/09)


Dalam sambutan yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wali Kota Tomohon mengungkapkan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan FGD ini sebagai bagian dari pengembangan pariwisata di Kota Tomohon. “Pemerintah Kota Tomohon menyambut baik kegiatan ini, yang menjadi salah satu langkah penting dalam mewujudkan potensi wisata Air Terjun Tekaan Telu sebagai destinasi unggulan di Tomohon,” kata Lily Solang.


Wali Kota juga menekankan bahwa pengembangan pariwisata Kota Tomohon sejalan dengan beberapa regulasi strategis, seperti Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 yang menetapkan Kota Tomohon sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2024 tentang Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional Manado-Likupang, yang memasukkan Tomohon dalam Key Tourism Area.


"Visi Kota Tomohon 2021-2026 adalah ‘Tomohon Maju, Berdaya Saing, dan Sejahtera,’ di mana salah satu misinya adalah menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia. Air Terjun Tekaan Telu memiliki potensi besar dengan letaknya yang strategis dan pemandangan alam yang mempesona. Jalur trekking yang melewati perbukitan dan lembah menambah daya tarik bagi para wisatawan," lanjutnya.


Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf/Baparekraf yang telah memberikan dukungan pengembangan wisata Air Terjun Tekaan Telu, serta tim tenaga ahli dari Universitas Sam Ratulangi Manado dan Universitas De La Salle Manado yang terlibat dalam penyusunan masterplan. “Kami berharap hasil dari FGD ini akan menghasilkan masterplan yang berkualitas dan berkelanjutan, serta menjadi acuan bagi pengembangan wisata di Kota Tomohon,” tambah Wali Kota dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten 2.


Acara ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Destinasi II, Bambang Cahyo Murdoko, perwakilan dari Kemenko Maritim dan Investasi, serta pejabat dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Tomohon. Turut hadir pula secara daring, perwakilan dari Bappenas, Muhammad Abdurrachman Rafi.


Dengan kegiatan ini, diharapkan pariwisata di Tomohon, khususnya Air Terjun Tekaan Telu, dapat terus berkembang dan mendukung perekonomian lokal serta menjadikan Tomohon sebagai destinasi wisata yang semakin dikenal di kancah internasional.

×
Berita Terbaru Update