Notification

×

Iklan

Iklan

Pendekatan Soft Approach oleh Pemerintah Republik Indonesia Berhasil, Pilot Philip Akhirnya Dibebaskan

Sabtu, 21 September 2024 | 15:43 WIB Last Updated 2024-09-21T07:43:03Z


TOMOHON KOMENTAR - Setelah 1,5 tahun disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di wilayah Nduga, akhirnya Pilot Philip berhasil dibebaskan. Pemerintah Republik Indonesia, melalui berbagai upaya yang mengedepankan pendekatan lunak atau soft approach, akhirnya berhasil membebaskan pilot tersebut.


Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani, menjelaskan bahwa selama operasi pembebasan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 lebih memilih strategi soft approach dibandingkan hard approach.


"Ya, benar. Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa, baik dari aparat, masyarakat sipil, maupun menjaga keselamatan Pilot Philip itu sendiri," jelas Faizal.


Setelah upaya panjang yang melibatkan berbagai tokoh, akhirnya pada Sabtu (21/09/2024), Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Damai Cartenz 2024 berhasil menjemput Pilot Philip. Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, KBP Dr Bayu Suseno, menambahkan bahwa proses pembebasan berlangsung di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga. Pilot Philip kemudian langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B di Timika.


"Ya, benar sekali. Hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat dan langsung menerbangkannya dari Nduga menuju Timika," ujar Bayu.


Setibanya di Timika, Pilot Philip langsung menjalani mitigasi medis dan pemeriksaan psikologis guna memastikan kondisinya tetap stabil. Setelah proses mitigasi tersebut, rencananya akan diadakan konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.


"Setelah dilakukan mitigasi, konferensi pers akan digelar. Rekan-rekan media diundang untuk hadir dan mendengar langsung dari para pejabat terkait," pungkas Bayu.


Sumber: Humas Polres Tomohon.

×
Berita Terbaru Update