Notification

×

Iklan

Iklan

Lomba Cipta Menu: Dorong Inovasi Kuliner Lokal, Wali Kota Tomohon Serukan Kemandirian Pangan

Selasa, 10 September 2024 | 20:59 WIB Last Updated 2024-09-10T12:59:27Z


TOMOHON KOMENTAR - Wali Kota Tomohon yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Tomohon, drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng, menghadiri kegiatan Lomba Cipta Menu yang berlangsung di Anugerah Hall Tomohon. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pemberdayaan Masyarakat dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Pangan Lokal. Selasa (10/09)


Dalam sambutannya yang dibacakan oleh drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng, Wali Kota Tomohon menegaskan bahwa kegiatan Lomba Cipta Menu tingkat Kota Tomohon tahun 2024 ini adalah wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kota Tomohon dalam mendukung pengembangan usaha pangan lokal. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, yang menekankan bahwa pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang utama, serta pemenuhan pangan adalah hak asasi setiap individu. Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan dengan mendorong inovasi dalam kuliner lokal.


Kreativitas dalam menciptakan menu yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) menjadi perhatian khusus dalam kegiatan ini. Selain mendukung minat konsumsi masyarakat, upaya ini juga diharapkan mampu mengembangkan sektor ekonomi lokal. “Pangan bukan hanya soal rasa dan tampilan, tetapi juga keamanan bahan baku dan proses pengolahan yang bebas dari cemaran fisik, kimia, maupun biologi,” ujar Senduk-Karundeng. Hal ini menjadi faktor penting dalam penilaian juri.


Lebih lanjut, Wali Kota Tomohon berharap bahwa kegiatan ini dapat mendorong pelestarian cemilan lokal yang memanfaatkan sumber daya alam seperti jagung, ubi, dan kentang yang tersebar di seluruh kecamatan. Produk-produk ini dapat diolah menjadi pangan bernilai gizi tinggi dan diharapkan dapat meningkatkan konsumsi pangan lokal di masyarakat.


“Kami juga berharap tim penggerak PKK di tingkat Kota, Kecamatan, dan Kelurahan, serta organisasi wanita lainnya, dapat terus memasyarakatkan pentingnya memanfaatkan hasil sumber daya alam kita ini,” tambahnya. Pemanfaatan lahan pekarangan untuk sumber pangan dan gizi juga menjadi salah satu fokus utama dalam program ini.


Pada kesempatan tersebut, drg. Jeand’Arc Senduk-Karundeng secara resmi membuka kegiatan Lomba Cipta Menu. Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon, dr. Maria Sugiarto M Kes, bersama jajaran, para juri, Lurah se-Kota Tomohon, TP-PKK Kelurahan, serta peserta lomba dari berbagai wilayah di Tomohon.


Lomba ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam memperkuat ketahanan pangan dan inovasi kuliner lokal yang dapat bersaing di tingkat daerah maupun nasional.

×
Berita Terbaru Update