Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Tomohon Buka ASEAN Homestay Forum 2024, Dorong Pengembangan Pariwisata Internasional

Kamis, 08 Agustus 2024 | 23:10 WIB Last Updated 2024-08-08T15:10:48Z


TOMOHON KOMENTAR - Wali Kota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, SH, bersama Ketua TP-PKK Kota Tomohon, drg. Jeand'arc Senduk-Karundeng, menghadiri pembukaan ASEAN Homestay Forum (AHF) 2024 yang berlangsung di RBN Wale Ma'zani Tomohon. Acara ini merupakan salah satu side event dari Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2024. Kamis (08/08)


Dalam sambutannya, Wali Kota Tomohon menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta ASEAN Homestay Forum 2024 dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus pusat Indonesia Homestay Association (IHSA), serta Presiden Malaysia Homestay Association dan Presiden Malaysia Homestay Association Negeri Terengganu yang telah memprakarsai pelaksanaan event ini di Kota Tomohon.


"Pertumbuhan usaha homestay di Kota Tomohon saat ini semakin pesat seiring dengan laju pembangunan di bidang pariwisata. Pemerintah Kota Tomohon telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor utama pembangunan, dengan tujuan menjadikan Tomohon sebagai destinasi wisata dunia," ujar Wali Kota.


Wali Kota juga menekankan bahwa pelaksanaan ASEAN Homestay Forum 2024 diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas layanan dan pengelolaan homestay di Kota Tomohon. Dengan menjadikan event ini sebagai side event dari TIFF 2024, Pemerintah Kota Tomohon berharap dapat lebih mempromosikan potensi pariwisata yang ada, termasuk destinasi wisata unik dan menarik yang layak dikunjungi.


"Kami berharap event ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta menghasilkan hal-hal penting bagi kemajuan pariwisata, khususnya homestay, baik di tingkat regional Asia Tenggara maupun nasional," tambahnya.


Pembukaan ASEAN Homestay Forum 2024 secara resmi ditandai dengan pemukulan alat musik Kolintang oleh Wali Kota Tomohon, didampingi oleh Ketua TP-PKK Kota Tomohon, serta Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf RI yang diwakili oleh Adyatama Parekraf Ahli Madya Ir. Glory Hastanto, M.T., Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara Hendry Kaitjili, dan Bupati Toba Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, S.Pd, M.Pd.


Acara ini juga dihadiri oleh President Malaysia Homestay Association Dato Sahariman, Presiden Malaysia Homestay Association Negeri Terengganu Cigku Mohamad Azmi, Ketua Umum DPP IHSA Alfie Pongoh, Ketua DPD IHSA Sulawesi Utara Yelli Walensendow, Ketua DPC IHSA Kota Tomohon Youdi Aray, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Yudhistira Siwu, SE, MSi, serta seluruh peserta forum. 


Forum ini diharapkan dapat memperkuat jaringan dan kerja sama dalam pengembangan homestay, serta memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Kota Tomohon dan sekitarnya.

×
Berita Terbaru Update