Notification

×

Iklan

Iklan

Staff Ahli Wali Kota Tomohon Hadiri Launching Sekolah Lansia Smart "Tumimperas"

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 19:24 WIB Last Updated 2024-08-03T14:23:20Z


TOMOHON KOMENTAR - Drg. Jeand'arc Senduk - Karundeng, Staff Ahli Wali Kota Tomohon bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan sekaligus Ketua TP PKK Kota Tomohon, menghadiri kegiatan Launching Sekolah Lansia Smart "Tumimperas" yang berlangsung di Kantor Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan. Sabtu (03/08)


Dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Staff Ahli Wali Kota, Wali Kota Tomohon menyampaikan dukungannya terhadap keberadaan sekolah lansia di Kota Tomohon. Ia menekankan pentingnya semangat dan tekad yang tinggi, didasari oleh agama dan keimanan, dalam upaya bersama untuk membangun dan menyejahterakan seluruh masyarakat Kota Tomohon. Pembentukan karakter sumber daya manusia yang tangguh dan hebat menjadi salah satu tujuan utama.


Wali Kota Tomohon juga menyoroti masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh lansia, seperti penyakit jantung, stroke, gangguan penglihatan, dan pendengaran. Berdasarkan data BPS tahun 2020, jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia mencapai 26,82 juta jiwa atau 9,92% dari populasi. Ia menekankan pentingnya upaya agar lansia tetap mandiri, sehat, aktif, dan produktif karena kesehatan yang buruk pada lansia dapat berdampak luas pada keluarga dan masyarakat.


Sekolah Lansia, menurutnya, menjadi wadah penting dalam membentuk lansia yang tangguh dan mandiri. Sekolah ini tidak hanya mempelajari aspek fisik tetapi juga aspek sosial, psikologis, ekonomi, dan spiritual. Program pendidikan non-formal ini diharapkan dapat menjadi pilot project untuk pembentukan sekolah lansia selanjutnya.


Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Lady Ante S.Pd MAP, Ketua Pokja Ketahanan Lansia dan UPPKA Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Agustin Mamahit SE M.Si, Anggota DPRD Kota Tomohon Bpk. Noldy Lengkong, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kota Tomohon Mareyke Manengkey S.Pd, Ketua Lansia Kota Tomohon Carla Lasut, Para Ketua Lansia tiap-tiap Kelurahan se-Kota Tomohon, serta para lansia dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

×
Berita Terbaru Update