Notification

×

Iklan

Iklan

Heboh !! Massa Aksi Bentrok Dengan Kepolisian, Tolak Hasil Pilkada 2024

Senin, 26 Agustus 2024 | 13:30 WIB Last Updated 2024-08-26T05:32:02Z


BITUNG KOMENTAR, Ratusan Massa anarkis pendukung salah satu pasangan calon dalam Pilwako Bitung 2024, dipukul mundur aparat kepolisian dalam lanjutan aksi demonstrasi memprotes hasil Pilwako 2024, yang berlangsung didepan kantor Walikota Bitung. 


Kepolisian terpaksa menerjunkan ratusan personil dan menggunakan kendaraan Water Canon, untuk mengurai kerumunan masa yang mulai bertindak anarkis. 


Demikian kegiatan SIMULASI SISPAMKOTA yang dilaksanakan Kepolisian Resor Kota Bitung, dalam rangkaian Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Samrat 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, Didepan Kantor Walikota Bitung, Senin (26/8). 


Simulasi dimulai pada jam 08.00 pagi, yang diawali dengan apel gelar Pasukan dipimpin langsung Kapolres Bitung AKBP Albert Zai  SIK MH dan Komandan Apel Waka Polsek KPS Bitung IPDA Steven Pangkey. 



Kapolres sebagai inspektur Upacara berkesempatan menyampaikan sambutan Kapolda Sulut, Irjen Pol. Drs. Yudhiawan Wibisono M.Si, dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024. 


Kapolres mengatakan, kepolisian berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat untuk berkomitmen mengamankan pesta demokrasi. 



Dia menegaskan,  Pilkada ini dapat dikaitkan sebagai penanda utama demokrasi karena masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pimpinan pada periode mendatang. dalam kaitan tersebut masyarakat provinsi Sulawesi Utara akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2024 Pilkada tahun 2024. 


Kapolres Mengungkapkan, bahwa Pilkada Memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena akan memilih kepala daerah gubernur dan Wakil gubernur walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati.


Kondisi ini akan menuntut adanya upaya maksimal masing-masing partai politik dalam hal ini para calon kepala daerah akan berkompetisi secara tepat untuk meraih suara sebanyak-banyak.


Bahwa pelaksanaan Pilkada tahun 2024 dilaksanakan di 37 provinsi 58 kabupaten kota sehingga menjadi salah satu agenda besar nasional yang  menjadi perhatian. 


Sulawesi Utara memiliki total 1.957.274 pemilik yang akan berpartisipasi dalam pilkada tahun 2024 yang kemudian terbagi dalam 4.410 TPS secara keseluruhan oleh karena itu komunikasi koordinasi dan kolaborasi yang baik antara berbagai pihak yang terkait dengan Pilkada penting dilaksanakan. 


Pada akhir sambutannya, Kapolres berharap semua pihak bekerjasama untuk menyuskseskan pesta demokrasi. 


Kegiatan apel turut dihadiri, Oktavianus Tumundo Kaban Kesbangpol Mewakili Walikota,  Kajari Bitung Dr. Yadyn, S.H., M.H, Ketua PN Kota Bitung Dr.Johanis Dairo Malo S.H.,M.H Mewakili Dandim 1310/Bitung Danramil 1310- 02 Lembeh Kapten Inf Markus Tilaar, Mewakili Dansatrol Kapten laut (P) Subekti ,Mewakili Danguskamla Mayor Laut (P) Hendri Goni, Mewakil Danyon marhanlan VIII Lettu Mar Subha,  BIN Korwil Bitung Thein H.C.Pakasi , Danramil 1310 - 01 Bitung Kapten Inf Fredrik Liwutang, Mewakili Manager PT. Pertamina Bitung Lettu CPM Dede Suganda, Kepala Kantor BMKG Kota Bitung Aqil Ihsan, Kepala BPBD Bitung Kota Bitung Fivy Kadeke. (**). 


×
Berita Terbaru Update