Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Jemmy Kumendong, Irup Pembukaan TMMD ke-121 Kodim 1302 Minahasa

Jumat, 26 Juli 2024 | 00:01 WIB Last Updated 2024-08-06T06:16:33Z


MINAHASA KOMENTAR-Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, inspektur upacara (Irup) pada pembukaan TNI Manunggal Membangu Desa ( TMMD ) ke-121 di wilayah teritorial Kodim 1302 Minahasa.


Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Daeng Pasaka SE, berlangsung di Lapangan Sepak bola Kinakas, Desa Pahaleten, Kecamatan Kakas, Rabu (24/7/2024). 


Penjabat Bupati Kumendong selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat, diikuti pernyataan secara resmi pembukaan TMMD. “Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata dari kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata Bupati.


Kegiatan TMMD ini, lanjut dia, bukan hanya sekedar program pembangunan infrastruktur fisik saja, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pedesaan. 


Bupati menjelaskan, pelaksanaan TMMD ini merupakan bagian dari kegiatan Oprasi bakti TNI yang dilaksanakan bersama-sama dengan pemerintah Daerah untuk mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan sekaligus menciptakan rasa aman kepada komponen masyarakat.

Di era globalisasi dan modernisasi saat ini, kita di hadapkan kepada berbagai tantangan yang semakin kompleks, oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih insentif dalam membangun dan memperkuat ketahanan nasional, termasuk ketahanan di tingkat Desa.

“Program TMMD merupakan salah-satu upaya strategis untuk mewujudkan ketahan Nasional yang kuat, yang dimulai dari tingkat Desa.


Bukanlah hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem kemanunggalan seperti yang dilakukan oleh TNI saat ini, bukan juga tugas yang sederhana untuk melaksanakan percepatan pembangunan dalam suatu wilayah.


Dalam perjalanannya hingga ke titik ini, membuat kita sadar bahwa mengadakan perubahan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, rasa lelah, dan keringat pengabdian tentunya menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan dalam proses TMMD.


Namun, lanjut dia, karena rasa cinta kepada rakyat, serta kepada pemerintah dan masyarakat, maka program ini dapat terus terlaksana sampai pada kali yang ke 121.


“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada seluruh jajaran TNI, khususnya kepada kodam Xlll/ merdeka, Korem 131 Stg, dan kodim 1302 Minahasa atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam melaksanakan program ini, sekaligus berterima kasih karena wilayah Kabupaten Minahasa ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaannya,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan dapat menciptakan percepatan pembangunan infrastruktur di desa-desa, sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat dari pembangunan yang dilaksanakan.


“Program ini juga guna mempererat hubungan TNI dan Rakyat, meningkatkan semangat gotong-royong dan kebersamaan dalam membangun desa,” ujarnya.


Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam mendukung dan mensukseskan program TMMD yg diinisiasi oleh TNI.


“Partisipasi aktif dari masyarakat sangat diperlukan agar program ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang optimal,” ujarnya.


“Selamat melaksanakan program TMMD ke 121 tahun 2024, di wilayah Kabupaten Minahasa. Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Minahasa,” ujarnya.

“Mari kita jadikan program ini sebagai momentum untuk lebih memperkuat sinergi dan kebersamaan dalam membangun pedesaan, khususnya di tanah Toar Lumimuut,” tambahnya.


Sementara itu, Dandim 1302 Minahasa Letnan Kolonel (Letkol) Inf Mutakbir sebagai Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD membacakan laporan singkat rencana TMMD ke-121 Tahun 2024.


” Sasarannya kegiatan ini meliputi, perintisan dan pengerasan jalan sepanjang 1.765 m, pembuatan Plat Duiker sebanyak 4 buah,” tuturnya.


Kemudian, lanjut Dandim, untuk sasaran tambahan yaitu, program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) berupa, pembuatan sumur bor di tiga titik, ketahanan pangan, rehab RTLH, pembangunan MCK, penanaman pohon, penurunan angka stunting, dan pembersihan lingkungan.




Selanjutnya, kata Dandim, untuk sasaran non fisik diantaranya, penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan KB Kesehatan, penyuluhan rekrutmen TNI, dan penyuluhan stunting.


Kegiatan ini dihadiri antara lain, Kasrem 131/Stg Kolonel Inf Agus Wahyudi Irianto, Letkol Kav Yudi Koswara S.T, Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian, SIK, MH, Kasubit Intel Kajari Minahasa Avel Matansi SH, Asisten 1 Kab Minahasa Drs Reviva Maringka M.Si. Kadis PU Kab Minahasa Daudson, Camat Kakas Veky Rombot, Tonaas Brigade Manguni Angki F. Lain, Para Hukum Tua se-kecamatan Kakas.(MRS)


×
Berita Terbaru Update