Notification

×

Iklan

Iklan

Bawaslu Minsel Lantik 12 PKD Kecamatan Maesaan

Sabtu, 01 Juni 2024 | 14:34 WIB Last Updated 2024-07-29T06:38:13Z


AMURANG KOMENTAR-Badan pengawas pemilu Kabupaten Minahasa Selatan (Bawaslu Minsel) melalui panitia pengawas pemilu Kecamatan Maesaan (Panwascam Maesaan) melaksanakan pelantikan panwas kelurahan/desa (PKD).


Sebanyak 12 Panwaslu desa se-Kecamatan Maesaan diambil sumpah janji dan sekaligus dilantik oleh Ketua Panwascam Maesaan Noldi Masengi SPd didampingi oleh pimpinan panwascam Maesaan lainnya.


Pelantikan dan pengambilan sumpah janji PKD se-Kecamatan Maesaan dilaksanakan pada Sabtu 1 Juni 2024 bertempat di Aula GMIM Musafir Tumani.


Ketua Panwascam Maesaan, Noldi Masengi SPd mengatakan bahwa dalam rangka tugas pengawasan pelaksanaan tahapan pilkada, maka dibutuhkan pengawas di setiap desa, maka untuk itulah direkrut panwas Pilkada disetiap desa.


Sebelum dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji, pihak panwascam Maesaan lebih dahulu membuka pendaftaran selanjutnya dilakukan tes tertulis dan tes wawancara, sehingga didapat anggota PKD disetiap desa di Kecamatan Maesaan sebagaimana yang telah mengikuti pelantikan.


Sementara itu, dalam rangkaian pelantikan dan pengambilan sumpah janji PKD se-Kecamatan Maesaan, juga ada pembekalan bagi para PKD dari Kordiv HP2H Bawaslu Minsel, Franny Sengkey SE., SH.



Franny Sengkey menyampaikan bahwa pelantikan bagi para PKD merupakan legalitas dalam melaksanakan pengawasan pilkada maka dari itu setelah dilantik maka PKD telah masuk dalam keluarga Bawaslu Minsel.


Ia pun menyampaikan selamat bergabung ke Bawaslu Minsel bagi para PKD dan selamat melaksanakan tugas dalam pengawasan pilkada.


Karena para PKD, setelah dilantik tentunya telah dihadapkan dengan tugas dan fungsi mengawasi pelaksanaan tahapan pilkada.


Ia pun meminta agar para PKD dalam melaksanakan tugas dan fungsi dapat menjaga marwah Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu, jaga integritas dan sikap.


Franny pun mengajak agar para pengawas pemilu desa dapat mendorong, mengedukasi dan mengajak peran serta masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi pemilu, dengan melaporkan apabila ada temuan kecurangan dan pelanggaran pemilu.


Selain dilantik dan diambil sumpah janji, para pengawas pemilu desa membacakan dan menandatangani pakta integritas pengawas pemilu desa.


Hadir dalam acara pelantikan PKD kecamatan Maesaan diantaranya, Kapolsek Tompasobaru Iptu Ronald Wauran, perwakilan Koramil Tompasobaru Metsi Wongkar, Ketua PPK Maesaan Inggrid Momongan, para tokoh agama, pimpinan dan sekretariat panwascam Maesaan, serta tokoh agama.


Adapun pimpinan Panwascam Maesaan yakni;

1.Noldi Masengi SPd (Ketua)

2. Dolly Sumangkut

3. Fanny Solang


Para pengawas pemilu desa yang dilantik yakni;


Nadia Atteng – Tumani


Gladies Runturambi – Tumani Selatan 

Vickry Tendean – Kinaweruan

Reybi Gumogar – Liningaan

Sa’adah Suryana – Bojonegoro

Yulke Sambeka – Kinamang

Hianike Kowaas – Kinamang Satu

Chendra Rumpesak – Lowian

Ronny Umboh – Lowian Satu

Norma Tendean – Tambelang

Wanda Sumanti – Tumani Utara

Syalmoria Fester Saraisang – Temboan


×
Berita Terbaru Update