Notification

×

Iklan

Iklan

Peringatan Hari Pancasila, Bupati Minahasa Royke Roring: Jaga Toleransi dan Kerukunan Berbangsa

Kamis, 01 Juni 2023 | 13:35 WIB Last Updated 2023-06-01T05:35:22Z


MINAHASA KOMENTAR -
Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, ASEAN. Eng, memimpin upacara peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila di halaman kantor Bupati Minahasa, Kamis (1/6/2023).


Dalam upacara tersebut, Bupati Royke Roring membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.



"Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara," ujarnya mengutip sambutan Presiden Joko Widodo.


Dalam sambutan Jokowi tersebut, Royke Roring menyampaikan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bintang penuntun (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.


"Setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai Pancasila. Sebagai mana yang dikatakan bung Karno bahwa nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya," kata dia.


Ia menyebutkan, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.


"Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika," katanya.


Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, lanjut dia, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," pesannya.


"Atas nama seluruh Rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para Founding Father atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini," kata Bupati Royke Roring mengutip sambutan Presiden Joko Widodo. (nes)

×
Berita Terbaru Update