Notification

×

Iklan

Iklan

Dugaan Korupsi Pembangunan Pengganti Jembatan Ammat Talaud Dilidik Kejati

Jumat, 23 Juni 2023 | 12:44 WIB Last Updated 2023-06-23T04:44:18Z


MANADO KOMENTAR-Pekerjaan proyek penggantian jembatan ammat dengan pagu Rp.58.000.000.000, diduga tidak sesuai mekanisme pekerjaan dan disinyalir merugikan negara hingg puluhan miliran rupiah.

sebagaimana diberitakan oleh salahsatu media lokal, proyek tersebut sudah dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi Sulut.

"Laporannya sudah ada dan sementara dilakukan penyelidukan,"kata sumber resmi di Kejati Sulut.

Sumber menjelaskan bahwa pemberantasan korupsi adalah hal yang menjadi prioritas di Kejai Sulut.

“Sesuai dengan motto kami adalah memberantas kasus korupsi agar negara tidak dirugikan. Ada beberapa laporan yang masuk salah satunya terkait BPJN Sulut, dan itu kami sementara dalami,” ujarnya.

Belum lagi, pembangunan jembatan yang semestinya diselesaikan pada akhir tahun 2022, tapi kenyataan  masih menyisakan garapan pekerjaan untuk dilanjutkan pada tahun 2023.

Hasilnya, langkah penindakan lanjut penyelesaian oleh satuan kerja meningkat, namun kinerjanya masih belum optimal.

Salah satu aspek yang harus dievaluasi adalah terkait analisis potensi kegagalan konstruksi dari perspektif faktor teknis maupun non teknis.

Terdapat informasi yang dihimpun bahwa kegiatan pekerjaan penggantian jembatan ammat diduga kuat adanya penyimpangan baik itu kualitas material yang dipakai maupun desain yang sudah berubah dari perencanaan awal konsep pekerjaan penggantian jembatan tersebut

Hal ini menunjukkan tidak ketidakmatangan analisis pembangunan jembatan, karena tidak mempertimbangkan faktor geologi, seperti potensi penurunan tanah karena beban dan abrasi pantai, dimana letak bangunan jembatan dapat dikategorikan mengenai pada garis simpanan pantai.

Joppy Senduk

×
Berita Terbaru Update