Notification

×

Iklan

Iklan

NOVIETA TANGKUDUNG, SDM & POTENSI ALAM MATUNGKAS MENJADI PRIORITAS

Sabtu, 16 November 2019 | 17:00 WIB Last Updated 2019-11-16T09:05:46Z


MINUT KOMENTAR.  Salah satu kontestan Pemilihan Hukum Tua di Desa Matungkas Novieta M. Tangkudung, memiliki sejumlah program strategis untuk kemajuan Desa Matungkas jika dipercaya masyarakat dalam pesta demokrasi pemilihan Hukum Tua.

Masyarakat Minahasa terkenal dengan Budaya Mapalus, termasuk warga di Desa Matungkas. Diakui Novieta, dirinya bangga budaya mapalus terus terpelihara, utamanya oleh warga di kompleks perumahan yang datang dari berbagai suku. Hal baik ini akan digalakkan kembali di seluruh lingkup Desa Matungkas, jika terpilih nanti.

Salah satu program yaitu membangun SDM Desa Matungkas yang unggul dan mampu bersaing sesuai program Presiden Joko Widodo.

Alasan Novieta, pengembangan SDM sangat penting karena semakin banyaknya pembangunan Perumahan yang berdampak pada berkurangnya lahan pertanian.  Sehingga pertambahan penduduk ini harus diantisipasi kedepan untuk dikelolah dengan baik guna kesejahteraan masyarakat.

Novieta Tangkudung ( paling kanan)


Sejumlah program pengembangan SDM seperti pemberdayaan pemuda atau Karang Taruna, dilatih berbagai ketrampilan sesuai bakat masing-masing. Juga diajak dalam pengelolaan sampah menjadi kompos dan hasil ketrampilan lainnya.

Kemudia, kepada ibu-ibu PKK, akan dibuat pelatihan ketrampilan jahit-menjahit & jasa boga.  Karena ternyata di Desa Matungkas telah masuk penjahit pakaian dari luar.  Selain itu potensi bisnis kuliner sangat berkembang seiring pertambahan penduduk di sejumlah lokasi perumahan.

Desa Matungkas ternyata menyimpan potensi alam untuk dikembangakan kedepan yaitu; Mata air pegunungan.  Jika terpilih nanti, Novieta, akan menjadikan sumber mata air untuk dikelolah sebagai sumber Pendapatan Desa.

Selain itu, potensi pariwisata yang ada di "Kinasempoan" dengan panorama alam pegunungan sangat menjanjikan untuk dekembangkan. Lokasi ini telah dilirik investor, karena menawarkan pemandangan indahnya Teluk Manado.

Tentu selain program diatas, Novieta, akan menerapkan pemerintahan desa yang transparan, disiplin serta menjamin keamanan disetiap lingkungan lewat pos kamling & Linmas.

Pemerataan pembangunan tidak hanya terpusat di perkampungan, tetapi sampai ke kompleks perumahan seperti perbaikan jalan desa dan air bersih. Kepastian hak-hak sebagai penduduk desa, pihaknya akan terjun langsung mendata bersama perangkat desa.

Semua program kerja kedepan terangkul dalam Visi " Terwujudnya pelayanan kepada masyarakat yang transparan dan akuntabilitas menuju Desa Matungkas yang lebih maju, aman dan sejahterah". (jansen)


×
Berita Terbaru Update